Senin, 27 Mei 2013

KERUSAKAN LINGKUNGAN ALAM

TANAH LONGSOR AKIBAT KURANG PEDULINYA MANUSIA PADA ALAM


Terjadinya tanah longsor di jalan tol Cipularang arah Jakarta menuju Bandung baru-baru ini menurut saya disebabkan karena semakin banyaknya pembangunan yang terjadi di area sekitar yang notabennya adalah bagian dari wilayah yang berbukit-bukit dan memiliki tekstur tanah yang landai. pembangunan diwilayah tersebut secara otomatis mengharuskan menebang pepohonan tanpa menanam pohon baru.

Gundulnya daerah perbukitan diarea ini menyebabkan tidak adanya serapan air saat hujan turun dan hal inilah yang menyebabkan tidak adanya serapan air saat hujan turun dan hal inin juga adalah salah satu penyebab sering terjadinya longsor di jalan tol antara Bandung dan Jakarta. menurut saya hal ini disebabkan oleh ulah manusia sebagai salah satu faktor perusak lingkungan yang sangat kejam dan tidak bertanggung jawab.

Solusi dari masalah ini menurut saya, apabila para kontraktor ingin membangun berbagai fasilitas yang nyaman maka para kontraktor jangan hanya memikirkan tentang keuntungan yang akan mereka dapat tetapi juga harus memikirkan lingkungan sekitar yang mereka bangun, mungkin dengan cara banyak menanam pohong selin sebagai paru-paru kota juga dapat berfungsi sebagai serapan air sehingga air hujan yang turun dapat terserap dan tidak menimbulkan longsor seperti yang sering terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar