Senin, 27 Mei 2013

SUMBER DAYA BERWAWASAN LINGKUNGAN

Ada beberapa langkah strategis untuk menjamin terwujudnya pemberdayaan sumber daya alam berwawasan lingkungan yang dikemukakannya, 

Pertama, dalam pengelolaan dan pemberdayaannya, maka  sumber daya alam jangan dipandang hanya sebagai komoditas saja, akan tetapi harus juga dipandang sebagai sumber kesejahteraan masyarakat bangsa dan sebagai penyangga lingkungan hidup.

 Kedua, pemberdayaan sumber daya alam harus diartikan sebagai pengelolaan dengan memberikan nilai tambah tetapi tetap berwawasan lingkungan untuk tetap menjaga kelestarian alam yang berkelanjutan.

Ketiga, mengembangkan daya saing bangsa melalui keunggulan kompetitif yang berbasis pada keunggulan komparatif.

 Keempat, melaksanakan pemetaan kesesuaian potensi lahan yang tersedia untuk kegiatan pengembangan berbagai subsektor agribisnis untuk kemudian ditransformasi  menjadi agroindustri dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan.

 Kelima, sebagai lumbung energi nasional, kalimantan timur seharusnya tidak hanya memproduksi energi primer yang terbatas dijadikan komoditas perdagangan, tetapi perlu mengembangkan energi sekunder dan tertier sebagai sebagai upaya meningkatkan ketahanan energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar